Sholat Gerhana Salah Satu Sunnah Nabi Yang Sering Dilupakan

Agustus 29, 2007 at 1:58 am 2 komentar

Dari detik.com diberitakan akan terjadi gerhana bulan pada selasa malam, gerhana bulan dapat dilihat dengan mata telanjang di Indonesia.  Ketika sampai ke rumah kontrakan, teman bilang bahwa nanti akan diadakan sholat kusuf (sholat gerhana bulan) selepas sholat isya, sangat disayangkan malamnya saya kuliah.  Tetapi teman memberi semangat dia katakan gerhana bulan jarang terjadi dan kuliah setiap minggunya ada, saya pikir benarnya seumur-umur belum pernah sholat kusuf.

Selepas sholat Isya di Masjid dekat rumah kontrakkan, DKM mengumumkan kepada kaum muslimin untuk sama-sama mengerjakan sholat kusuf.  Mengumandangkan takbir sambil menunggu sholat dimulai.  Sudah menunggu 15 menit selepas sholat isya, sholat kusuf belum juga dikerjakan malah beberapa jamaah keluar masjid, ternyata sholat kusuf tidak jadi dilaksanakan karena gerhana bulan sudah selesai.

Sedikit kecewa, akhirnya teman mengajak pulang ke rumah, teman bilang ke saya sudah tidak kuliah sholat kusuf pun tidak, saya pikir niat kita pun sudah terhitung sehingga sudah dapat pahala sholat kusuf.

Agak sedikit penasaran tentang pengerjaan waktu sholat kusuf, saya langsung membaca buku Fiqh Sunnah karya Sayyid Sabiq, disana tertulis waktu untuk mengerjakan sholat gerhana bulan adalah ketika gerhana itu mulai sampai bulan tampak normal kembali, berarti pengerjaan sholat kusuf dimulai dari 15.50 Wib – 19.23 Wib (waktu menurut detik.com).  Ketika mencari apa keutamaan kita sholat kusuf tidak ketemu.

Kita hidupkan sunnah Nabi agar sunnah menjadi kebiasaan umat islam dan tidak asing dimata umat islam pada saat ini.

Entry filed under: Muzakarah.

Contoh Virus dengan Delphi Kejujuran : Barang yang nyaris punah

2 Komentar Add your own

  • 1. johan  |  Agustus 30, 2007 pukul 6:58 am

    Wah benar sekali, sunnah ini sudah semakin asing aja ya… Tapi apa bener gerhana kemaren dari jam 15.50 – 19.23 ya? kok lama amat. Biasa juga gerhana beberapa menit aja kan? Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Maka apabila engkau melihatnya –yaitu gerhana tersebut- maka shalatlah” (Muttafaqun alaihi). Jadi ya kita sholatnya kalo pas lihat aja. Barakallahu fiikum.

    johan.pti.esdm.go.id
    faisholmart.com

    Balas
  • 2. fnurzaman  |  Agustus 30, 2007 pukul 9:50 am

    Betul apa yang disampaikan Mas Johan.

    Waktu menurut detik.com (15.50 – 19.23) adalah waktu dimana gerhana bulan mulai terjadi – gerhana bulan total – gerhana bulan selesai, dan itu terjadi bukan indonesia saja waktu itu adalah waktu dimana seluruh orang di dunia dapat melihat gerhana bulan.

    Kalau kita (di jakarta, khususnya) dapat melihat gerhana bulan dari maghrub sampai 19.23.

    Mohon dikoreksi.

    Balas

Tinggalkan komentar

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kategori

Agustus 2007
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Komentar Terbaru

isfiya pada Hasil Survey
nyurian pada Hasil Survey
nyurian pada Hasil Survey
nyurian pada Hasil Survey
Hayu Kurniasih pada Hasil Survey

Blog Stats

  • 7.273 hits